Jumat, 12 Agustus 2016

Yang Perlu Anda Tahu Mengenai Efek Samping Rokok Elektrik Bagi Kesehatan

Efek Samping Rokok Elektrik Bagi Kesehatan – Rokok elektrik adalah salah satu teknologi terbaru dalam bidang perindustrian rokok yang menawarkan sensasi merokok tanpa harus menghisap tembakau. Keberadaan rokok elektrik ini awalnya diproduksi negara Cina yang termasuk alternatif rokok tembakau konvensional. Seiring berjalannya waktu rokok elektrik dikenal oleh masyarakat dunia yang diklaim memiliki risiko kecil dari bahaya kesehatan.

Adapun sistem kinerja yang digunakan oleh rokok elektrik ialah menerapkan tenaga baterai. Di situlah akan terjadi arus listrik yang bereaksi dengan senyawa dan zat kimia. Hebatnya lagi efek dari reaksi tersebut menghasilkan uap dan rasa manis layaknya sedang merokok. Bisa dibilang rokok elektrik punya risiko penyakit rendah, namun ternyata masih banyak efek samping rokok elektrik bagi kesehatan tubuh, beberapa di antaranya adalah.

Efek Samping Rokok Elektrik Bagi Kesehatan

1. Menimbulkan Penyakit Kanker

Siapa bilang rokok elektrik tidak menyebabkan kanker, justru rokok elektrik banyak mempunyai senyawa atau kandungan yang memicu risiko kanker. Adapun senyawa yang dimaksud berupa Nitrosamine yang diperoleh dari proses memanasnya nikotin, dimana nantinya akan dilarutkan oleh gliserin. Jika rokok elektrik menyala, maka baterai mampu berpengaruh pada proses pemanasan nikotin cair.

2. Gangguan Sistem Pernapasan

Meskipun uap yang dihasilkan dari rokok elektrik ini sedikit, namun masih mampu menganggu organ pernapasan. Pasalnya di dalam rokok tersebut memiliki kandungan dietilen glikol. Senyawa inilah yang termasuk komponen anti beku, sehingga menjadikan nikotin cair pada rokok elektrik tanpa harus membeku. Bahaya sekali bila senyawa dietelin glikol masuk ke dalam sistem pernapaan yang mampu mengganggu kesehatan tubuh lainnya.

3. Merusak Paru-Paru

Apabila proses pemanasan yang terdapat di rokok elektrik maka akan memproduksi uap yang serupa dengan asap rokok pada tembakau. Sensasi uap rokok sangat realistis, namun sayangnya mengandung senyawa yang berbahaya bagi paru-paru. Hal ini dikarenakan mempunyai kandungan formalin dan molekol yang bersifat karsinogenik dimana mengendap di dalam tubuh. Pengendapan kedua senyawa itulah yang akan merusak paru-paru.

4. Menyebabkan Kerusakan Otak

Inilah efek yang ditimbulkan akibat merokok elektrik yakni mampu memicu kerusakan pada otak. Betapa tidak jika anda merokok secara berkepanjangan ternyata sama saja dengan merokok konvensional yang menggunakan tembakau. Hal ini tentu tak terlepas dari kandungan senyawa berupa Tetramethylpyrazine. Kandungan senyawa tersebut akan menyebabkan rusaknya otak. Jadi, apakah anda masih mau rokok elektrik?

5. Polusi Udara

Perlu anda mengerti jika asam atau uap yang keluar dari rokok elektrik, memungkinkan polusi udara. Memang asap tersebut tidak sebanyak yang dikeluarkan oleh rokok tembakau konvensional. Bisa dikatakan bahwa rokok elektrik adalah polusi udara yang banyak menghasilkan kandungan formalin dan senyawa karsinogenik. Maka tak heran bila uap elektrik dari rokok ini akan merusak lingkungan sekitar layaknya rokok tembakau.

Mungkin hanya itu saja yang dapat kami bagikan mengenai seputar info dari efek samping rokok elektrik bagi kesehatan. Semoga ulasan tentang tulisan kesehatan bermanfaat baik bagi kita semua. Jangan lupa bagikan artikel ini ke orang-orang yang anda cintai.

0 komentar: