Sabtu, 13 Agustus 2016

Kenali 5 Gejala Depresi Yang Sering Muncul Ini

Salah satu masalah penyakit kesehatan jiwa yang banyak dialami oleh sebagian besar orang dari berbagai kalangan usia adalah depresi. Depresi merupakan salah satu gangguan suasana hati yang buruk, dan hal ini berlangsung selama kurun waktu yang lama, sehingga si penderita akan merasa sedih dan juga akan mengalami rasa putus harapan secara berkepanjangan, dan selalu menyalahkan diri sendiri. Memang sedih, merasa bersalah, dan perasaan putus harapan normal sekali dialami oleh manusia.

Namun hal ini akan berakibat fatal terhadap jiwa, jika anda mengalami hal demikian secara berkepanjangan. Depresi akan mempengaruhi pola pikir anda, dan juga akan mempengaruhi kondisi perasaan yang anda rasakan. Depresi banyak yang menganggap adalah sebuah masalah yang sepele, namun tahukan anda, bahwa depresi merupakan salah satu kondisi yang bisa diubah secara langsung untuk sembuh. Maka dari itu, ada baiknya untuk mengenali apa saja gejala depresi, sebagai langkah antisipasi untuk mencegahnya, berikut ini.

Gejala Depresi Yang Sering Muncul

1. Menangis tanpa alasan

Menangis merupakan salah satu tanda luapan emosi dari sebuah perasaan, baik itu sedih maupun gembira. Namun jika menangis tanpa disertai alasan yang pasti, hal ini bisa mengindikasikan bahwa anda mengalami depresi. Tidak menutup kemungkinan jika anda sering menangis karena hal kecil atau sepele, juga merupakan salah satu tanda dari depresi.

2. Mudah marah

Selanjutnya yang bisa anda coba kenali adalah perasaan mudah marah, karena penderita depresi biasanya merasa lebih sensitif, karena memiliki kemampuan kontrol emosi yang rendah. Selain itu, untuk hal – hal yang kecil sekalipun, penderita akan mengalami perasaan mudah tersinggung.

3. Kehilangan minat pada kehidupan

Orang yang normal, biasanya memiliki semangat untuk menggapai impian dan juga cita – citanya. Maka lain lagi dengan penderita depresi, karena akan mengalami keputusasaan dalam menjalani hidup, sehingga akibatnya, dia akan kehilangan minat pada kehidupannya. Penderita akan merasakan dunia merupakan tempat yang membosankan untuk hidup.

4. Perubahan porsi makan

Ada dua jenis perubahan porsi makan untuk penderita depresi, yaitu yang cenderung berubah porsi makannya, menjadi lebih banyak, dan juga sebaliknya, yaitu lebih sedikit. Penderita depresi mengalami perubahan porsi makan secara drastis, sebagai salah satu bentuk luapan emosinya. Ada yang meluapkannya melalui makanan, dan ada pula yang justru tidak bersemanga untuk makan atau menjadi tidak nafsu makan.

5. Sering melamun

Salah satu gejala yang kerap muncul pada penderita depresi adalah sering melamun, yang memang dilakukan untuk memikirkan masalah hidupnya, atau menjadi salah satu ekspresi kesedihan para penderita depresi. Maka sebaiknya untuk orang disekitarnya, agar selalu mendukung dan memberikan ruang serta tempat untuk para penderita depresi ini agar mau bercerita dan berkeluh kesah, untuk membantu beban pikirannya, agar depresi yang dialaminya bisa terbantukan untuk diatasi.

Demikian beberapa gejala depresi yang bisa anda ketahui, dan memang sering muncul. Maka jika anda atau orang disekitar anda, mengalami hal – hal yang bisa menyebabkan depresi ini, anda bisa langsung dengan segera untuk mengantisipasinya.

0 komentar: