Kamis, 25 Agustus 2016

Memahami Efek Selfie Bagi Kesehatan

Selfie, niscaya nyaris setiap orang tahu arti kata tersebut. Memotret diri oleh diri sendiri. Dengan teknologi kamera yang semakin canggih tersemat di berbagai gadget seperti smartphone, tablet, action camera, bahkan mirrorless maka semakin mustahil orang tidak mendapatkan selfie terbaik mereka setiap waktu. Akan tetapi awas, seringkali orang tak memahami efek selfie bagi kesehatan.

Selfie dan Dampaknya bagi Kesehatan

Selfie nampaknya menjadi hal yang sangat lumrah dilakukan orang-orang dewasa ini. Selain untuk koleksi pribadi, orang-orang cenderung senang menguploadnya ke dalam jejaring sosial untuk kepuasan tersendiri. Berbagai macam pose maupun gaya akan dilakukan orang-orang demi kepuasan sesaat seperti mendapatkan likes dan komentar dari orang lain. Namun, jika dilakukan tanpa control maka tentu saja akan ada efek selfie bagi kesehatan yang negatif.

Teknologi saat ini sangat memungkinkan orang-orang untuk dapat melakukan selfie dimana saja dan kapan saja. Apalagi jika seseorang tersebut melakukan foto selfie di tempat-tempat yang jarang dikunjungi oleh banyak orang, maka hal tersebut akan menjadi kepuasan tersendiri. Tentu hal tersebut tidaklah keliru. Namun, jika hal tersebut dilakukan tanpa kontrol, maka akan dikhawatirkan terjadi efek selfie bagi kesehatan. Ada beberapa efek negatif selfie bagi kesehatan yang sangat fatal apabila tidak dipahami oleh orang-orang.

Obsesi tampil sempurna yang menyebabkan tubuh menjadi tidak fit

Obsesi untuk tampil sempurna saat berfoto selfie menjadi syarat wajib bagi orang-orang untuk memenuhi kepuasan saat berfoto. Tak jarang orang-orang harus bergaya dengan frontal dan tak jarang pula memakai pakaian yang bergaya classy dan glamour namun tidak menitikberatkan kepada kesehatan orang yang memakainya. Umumnya orang yang melakukan selfie secara berlebihan di tempat terbuka dan di alam bebas (saat traveling) tubuh mereka terpapar berbagai cuaca seperti angin secara terus menerus, kehujanan, kepanasan hingga membuat tubuh menjadi sakit dan kurang fit.

Stress

Stress merupakan dampak efek negatif selfie bagi kesehatan orang-orang. Obsesi untuk mendapatkan foto terbaik dan paling sempurna terkadang disalahartikan menjadi foto selfie yang tanpa kontrol oleh orang-orang dan tak jarang orang-orang menjadi stress karena tak kunjung mendapat kualitas selfie seperti yang mereka inginkan. Level stress seperti ini menjadi sangat fatal akibatnya karena orang-orang cenderung untuk tidak akan berhenti berselfie-ria hingga mendapatkan apa yang mereka mau. Level stress karena foto selfie ini cenderung sangat membahayakan kondisi tubuh.

Pikun

Ternyata, pikun adalah contoh negatif efek selfie bagi kesehatan. Penelitian mengungkapkan bahwa ketika seseorang melakukan foto selfie secara terus menerus, radiasi yang terkandung di dalam gadget, khususnya smartphone dan tablet yang terkena wajah akan menyebabkan hal yang luar biasa berdampak fatal bagi orang-orang. Radiasi yang memapar tubuh dan wajah selama terus menerus dalam jangka panjang akan mengakibatkan kepeningan di bagian kepala, hingga menyebabkan kepikunan.

0 komentar: